Stasiun Televisi Harus Berkompetisi dengan Platform Digital untuk Datangkan Iklan
Di Indonesia sekarang terdapat lebih dari 700 stasiun televisi. Mereka harus bersaing ketat di era penyiaran digital terestrial dan di tengah perusahaan perilaku pemirsa mengonsumsi konten di internet.
JAKARTA, KOMPAS โ Jumlah stasiun televisi di Indonesia yang mencapai 797 stasiun mesti bersaing dengan platform digital untuk bertahan. Mereka harus bermigrasi ke penyiaran digital terestrial dan bersaing ketat menghasilkan konten yang mampu mendatangkan pendapatan iklan.
โSebelum pandemi Covid-19, pendapatan iklan televisi menunjukkan tren menurun. Hingga memasuki pandemi tahun ketiga dan harus bermigrasi ke penyiaran digital, pendapatan belum pulih,โ ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Gilang Iskandar di sela-sela webinar โHari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) 2022โ, Senin (28/3/2022), di Jakarta.