Perbankan
Bank Digital Berlomba Menggaet Kepercayaan Pengguna
Bank-bank digital baru muncul dan jumlahnya terus bertambah di tengah digitalisasi yang melaju cepat. Bagaimana bank mesti bertahan dan memenangi persaingan? Mereka kini berlomba untuk memperebutkan kepercayaan pengguna.
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F10%2F6b6a3570-05fd-4eb3-a485-4f2e55605b77_jpg.jpg)
Suasana cabang digital Jakarta Plaza Mandiri seusai peluncuran aplikasi Financial Super App Livin’ by Mandiri dan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri dalam rangka menyambut HUT ke-23 Bank Mandiri di Jakarta, Sabtu (2/10/2021).
Jumlah bank digital diprediksi terus bertambah. Pandemi Covid-19 yang mempercepat digitalisasi dalam segala aspek kehidupan, termasuk layanan jasa perbankan, serta hadirnya peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang permodalan inti bank dan perihal bank digital, mendorong perbankan membentuk bank digital.
Bank-bank digital baru terus muncul. Namun, bagaimana perkembangannya ke depan serta bagaimana mesti bertahan dan memenangi persaingan? Semua berlomba untuk meyakinkan masyarakat agar percaya dan mau menggunakan layanannya.
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 9 dengan judul "Bank Digital Berlomba Menggaet Kepercayaan Pengguna".
Baca Epaper Kompas