logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊPengurangan Antibiotik di...
Iklan

Pengurangan Antibiotik di Peternakan, Kunci Menekan Bakteri Kebal

Hasil surveilans Kementerian Pertanian mengungkap penggunaan antibiotik di peternakan berkaitan dengan kejadian resistansi antimikroba. Penggunaan antibiotik di peternakan harus dikurangi untuk menurunkan risiko AMR.

Oleh
J GALUH BIMANTARA/FAJAR RAMADHAN/ADITYA DIVERANTA
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/FlXhqK_dZoB6jN2NV3sHZkXo5uA=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2FDSC06010_1625588589.jpg
KOMPAS/FAJAR RAMADHAN

Ratusan ayam pedaging siap panen berkerumun di salah satu kandang peternakan di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS β€” Hasil surveilans Kementerian Pertanian mengonfirmasi penggunaan antibiotik secara berlebih di peternakan ayam berkaitan dengan kejadian resistansi antimikroba. Pemerintah, pelaku usaha, dan seluruh pihak terkait mesti segera beraksi nyata menurunkan tingkat penggunaan antimikroba, termasuk yang bertujuan untuk pembersihan atau flushing pada anak ayam.

Hasil surveilans tersebut dipaparkan dalam acara Obrolan Ringan Akhir Pekan Seputar Unggas dari Kementerian Pertanian (Kementan), Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia (ADHPI), Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), dan Badan untuk Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Sabtu (24/7/2021).

Editor:
khaerudin
Bagikan