Vietnam dan Diversifikasi ”Palugada” Otomotif Indonesia
Jika ingin memperluas pasar ekspor otomotif, Indonesia harus mendiversifikasi produk-produk mobilnya. Istilah pemasarannya adalah ”palugada”, apa yang lu mau, gue ada.
Pasar ekspor otomotif Indonesia cukup menantang, terutama Vietnam. Negara tujuan ekspor otomotif terbesar kedua Indonesia ini tengah berbenah membangun industri otomotifnya. Tak cukup hanya dengan penerapan standar emisi Euro 5 pada Januari 2022, Vietnam pun berupaya merebut pasar otomotif domestik dan global melalui produk mobil nasionalnya.
”Saya sangat khawatir dengan Vietnam. Awalnya, Vietnam tidak punya apa-apa, tetapi negara tersebut mampu membangun industri otomotifnya dengan standar global,” kata Lin Che Wei, tim asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam webinar ”Sektor Otomotif Nasional: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang” yang digelar Kementerian Perdagangan di Jakarta, Kamis (10/6/2021).