Fokus Utama pada Kesejahteraan Peternak
Ada sejumlah pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan untuk menggenjot produksi susu agar Indonesia tidak semakin bergantung pada susu impor. Namun, segenap kebijakan mesti bermuara pada kesejahteraan peternak rakyat.
Kampanye pada Hari Susu Sedunia tahun ini, Selasa (1/6/2021), diwarnai dengan tagar #WorldMilkDay dan #EnjoyDairy yang gegap gempita di media sosial. Beraneka kegiatan digelar di banyak negara dengan tema besar tentang isu keberlanjutan dan lingkungan di sektor persusuan, gizi, dan sosial ekonomi.
Saat Hari Susu Sedunia tahun lalu, menurut laman worldmilkday.org, ada lebih dari 417 kampanye di 68 negara dan kampanye #WorldMilkDay menghasilkan 842 juta impresi di media sosial. Kampanye tahun ini sepertinya tak kalah riuh. Di sejumlah negara, rangkaian kegiatan telah dimulai sejak sebulan lalu, terutama fokus pada kampanye soal manfaat susu dan produk susu.