logo Kompas.id
EkonomiPengalaman ”Klik” Konsumen...
Iklan

Pengalaman ”Klik” Konsumen Tentukan Pertumbuhan Bisnis

Semakin tersentuh pribadinya, konsumen kian merasa klik dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Oleh sebab itu, perusahaan mesti mampu memanfaatkan data interaksi dengan konsumen untuk menghadirkan pengalaman unik.

Oleh
M Paschalia Judith J
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/kwkD2TtDJOu1sPLzJK7CxSk4ozw=/1024x692/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F04%2F5384a3f1-f453-4dc2-acb0-5658bc7622f3_jpg.jpg
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Warga bertransaksi menggunakan uang digital saat membeli barang di bazar Ramadhan di Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa (6/4/2021). Bazar Ramadhan tersebut digelar untuk membangkitkan perekonomian pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Bazar yang diikuti 59 pelaku UMKM itu diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Setiap ”klik” dari jemari konsumen saat mencari, mempelajari, hingga membeli barang di layar gawai menjadi data yang merupakan aset krusial bagi pelaku usaha. Oleh sebab itu, signifikansi pertumbuhan bisnis bergantung pada pemanfaatan data tersebut untuk menawarkan produk yang sarat dengan sentuhan pribadi yang unik ke tiap konsumen.

CEO Adobe Shantanu Narayen menilai, hubungan dengan konsumen menjadi faktor keberlangsungan ekonomi digital. Semakin personal pengalaman yang diperoleh konsumen, semakin kuat pula keterikatannya.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan