logo Kompas.id
โ€บ
Ekonomiโ€บSaatnya Konsumen Pilih yang...
Iklan

Saatnya Konsumen Pilih yang Ramah Lingkungan

Konsumen kian cerdas. Harga tak lagi menjadi satu-satunya pertimbangan, tetapi juga keamanan konsumsi, nutrisi yang terkandung, serta prinsip ramah lingkungan.

Oleh
M Paschalia Judith J
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/2mf2-7Djq0MM7g-J9zXj0VxhmUo=/1024x667/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F03%2F14fd3b9a-4d8d-4757-ba72-565b017c8a37_jpg.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Warga melintas di depan Drop Point Rekosistem yang berada di Stasiun MRT Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (3/3/2021). Sampah anorganik yang diterima di drop point kemudian dipilah dan didistribusikan ke pengolah sampah untuk bahan baku proses daur ulang. Saat ini kegiatan memilah ataupun mendaur ulang sampah masih belum banyak dilakukan oleh rumah tangga di Indonesia. Kegiatan daur ulang sampah dapat menjadi langkah awal untuk memulai ekonomi sirkular.

Belanja barang-barang yang ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari patut menjadi gaya hidup. Dengan langkah ini, masyarakat menjadi riak manfaat yang menjalar bagi kelestarian lingkungan hidup.

Melalui gerakan yang diprakarsai, Founder Tumbuhijaurban Dila Hadju kerap mengajak masyarakat  menerapkan perilaku hidup ramah lingkungan, termasuk dalam kebiasaan berbelanja.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan