logo Kompas.id
โ€บ
Ekonomiโ€บDigitalisasi Perluas Pemasaran...
Iklan

Digitalisasi Perluas Pemasaran Produk Lokal

Produk unggulan UMKM ataupun IKM di Indonesia, khususnya Bali, berpeluang besar dipasarkan secara nasional ataupun internasional. Pemanfaatan teknologi digital akan memperluas pemasaran produk UMKM dan IKM lokal.

Oleh
COKORDA YUDISTIRA
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/LocSh-DyqJLMuZpTy3EdpTt5U0g=/1024x580/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F03%2F20210325cokc-produk-ikm-bali-bangkit_1616670739.jpg
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA

Beraneka produk IKM yang dipamerkan di area Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Denpasar, Kamis (25/3/2021).

DENPASAR, KOMPAS โ€” Produk unggulan dari usaha mikro, kecil, dan menengah ataupun industri kecil dan menengah di Indonesia, khususnya Bali, berpeluang besar dipasarkan secara nasional ataupun internasional. Pemanfaatan teknologi digital, termasuk aplikasi layanan niaga elektronik, akan memperluas pemasaran produk-produk UMKM dan IKM.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar Ni Putu Kepra Mareni mengatakan, UMKM dan IKM merupakan kegiatan ekonomi masyarakat yang mampu bertahan dalam kondisi krisis, termasuk dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. โ€Produk UMKM dan IKM di Bali juga menopang industri pariwisata,โ€ kata Mareni seusai lokakarya tentang IKM berbasis manajemen digital di Kota Denpasar, Kamis (25/3/2021).

Editor:
Mohamad Final Daeng
Bagikan