Diaspora Berpotensi Dukung Ekspor UMKM
Penggarapan pasar ekspor membutuhkan kolaborasi dan gerak cepat semua pihak. Peran diaspora mesti dioptimalkan untuk mengenalkan dan menjual produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) domestik di pasar luar negeri.
JAKARTA, KOMPAS β Diaspora atau para perantau asal Indonesia di sejumlah negara dinilai berpotensi mendukung ekspor produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Mereka dapat berperan, antara lain, dalam mengenalkan dan menjual produk buatan Indonesia di pasar negara setempat.
Ketua Komite Tetap Bidang Ekspor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang juga Kepala Sekolah Ekspor Handito Joewono menuturkan, dulu pembicaraan terkait ekspor selalu dikaitkan dengan hubungan bisnis ke bisnis antara eksportir besar antarnegara. Produk yang diekspor pun melalui jalur-jalur distribusi sebelum sampai ke konsumen.