logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊDiaspora Berpotensi Dukung...
Iklan

Diaspora Berpotensi Dukung Ekspor UMKM

Penggarapan pasar ekspor membutuhkan kolaborasi dan gerak cepat semua pihak. Peran diaspora mesti dioptimalkan untuk mengenalkan dan menjual produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) domestik di pasar luar negeri.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/CDszqgjVS0GmORhaIoc_fpZZ9iY=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F01%2F20200105_ENGLISH-TEMATIK-TAHUN-BARU_B_web_1578235350.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Aktivitas produksi kerajinan untuk pasar ekspor di CV Tashinda Putraprima di Kecamatan Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (22/11/2019). Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi satu dari tiga sumber ekonomi baru selain ekonomi syariah dan ekonomi digital yang didorong pertumbuhannnya untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

JAKARTA, KOMPAS β€” Diaspora atau para perantau asal Indonesia di sejumlah negara dinilai berpotensi mendukung ekspor produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Mereka dapat berperan, antara lain, dalam mengenalkan dan menjual produk buatan Indonesia di pasar negara setempat.

Ketua Komite Tetap Bidang Ekspor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang juga Kepala Sekolah Ekspor Handito Joewono menuturkan, dulu pembicaraan terkait ekspor selalu dikaitkan dengan hubungan bisnis ke bisnis antara eksportir besar antarnegara. Produk yang diekspor pun melalui jalur-jalur distribusi sebelum sampai ke konsumen.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan