logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊInovasi Menjangkau Negeri demi...
Iklan

Inovasi Menjangkau Negeri demi Memberdayakan Rakyat

Disrupsi teknologi memengaruhi banyak sektor, termasuk perbankan. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menghadapi ancaman disrupsi melalui inovasi.

Oleh
Tri Agung Kristanto/Dimas Waraditya Nugraha
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/zxtCKqYICs36iVOvulQeQMt6XkQ=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F09%2F2d99f9fc-ecd8-4e40-8636-f68fe14f801e_jpg.jpg
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Hari Pelanggan Nasional diperingati setiap 4 September oleh perusahaan yang melayani masyarakat, yaitu dengan memberikan layanan jasa yang spesial atau terbaik bagi pelanggan atau konsumennya. Layanan terbaik itu, seperti yang dilakukan petugas layanan yang membantu pelanggan dengan menjelaskan berbagai informasi terkait pencairan dana di Kantor Bank Rakyat Indonesia Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (2/9/219).

”Dalam jasa keuangan sederhana saja masih banyak masyarakat kita yang belum terlibat. Kementerian sudah saya perintahkan membuat langkah-langkah terobosan untuk meningkatkan akses dan kapasitas masyarakat mengakses layanan jasa keuangan.”

Kondisi rakyat Indonesia terkait layanan jasa keuangan itu digambarkan Presiden Joko Widodo dalam Indonesia Fintech Festival and Conference 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, lebih dari empat tahun lalu (Kompas, 31/8/2016). Saat itu, belum separuh dari warga negeri ini menikmati layanan perbankan, sekurang-kurangnya memiliki rekening bank.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan