logo Kompas.id
โ€บ
Ekonomiโ€บArus Balik Produk Lama
Iklan

Arus Balik Produk Lama

Rasa cinta dalam pekerjaan menjadi faktor penting untuk menjaga dan mengembalikan kejayaan produk. Kesediaan mendengar suara konsumen dan karyawan juga tak boleh ditinggalkan.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/mPob1R73_RTY-_vuS9eD8jS3BoQ=/1024x678/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F09%2F54e129d8-1a53-46e6-a53d-bb8bc36945a0_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Peta Indonesia menjadi dekorasi ruang kerja bersama yang akan digunakan oleh perusahaan rintisan Korea dan Indonesia yang mengikuti program akselerasi Shinhanโ€™s Future Lab Indonesia yang digagas oleh Shinhan Financial Group berkolaborasi dengan perusahaan ruang kerja bersama CoHive di Jakarta, Senin (9/9/2019). Program ini bertujuan menghadirkan ekosistem bagi perusahaan rintisan Korea dan Indonesia untuk bertemu dan mengembangkan ide-ide inovatif, berbagi pengetahuan dan pengalaman serta akses investasi. Berdasarkan jumlah perusahaan rintisan, Indonesia menempati urutan pertama di Asia Tenggara dan ketiga di dunia.

Sesekali kita perlu datang ke juru masak yang pintar membuat makanan, peneliti di laboratorium yang tekun menghasilkan karya, tukang kayu yang membuat mebel sangat indah, dan lain-lain. Mereka suka sekali dengan pekerjaan mereka hingga level sangat mencintai, bahkan fanatik. Kita menemukan cinta di sana.

Rasa cinta seperti itulah yang mungkin harus dimiliki saat kita ingin mengembalikan produk kita berjaya di pasar. Kita kerap bangga karena mempunyai ide inovasi bisnis hebat. Di sisi lain, konsumen membutuhkan berbagai solusi. Masalah seolah selesai ketika kita berhasil membuat produk yang bertemu dengan keinginan konsumen. Rupanya, semua itu hanya di atas kertas.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan