logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊProduk Inovasi yang...
Iklan

Produk Inovasi yang Bersertifikasi Akan Tingkatkan Daya Saing

Mengembangkan inovasi harus beriringan dengan standardisasi. Dengan begitu, industri akan mendapat kepercayaan dari konsumen.

Oleh
SHARON PATRICIA
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ZHB1J1CX1JjHwwY_5bi3qGujRh0=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2FIMG_8569_1596025881.jpg
KOMPAS/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA

Para petugas Kampus Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Bandung menyiapkan beberapa peralatan penunjang untuk pencegahan persebaran Covid-19, Rabu (29/7/2020). Beberapa alat yang dipamerkan dalam kunjungan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro ini antara lain alat sterilisasi ruangan berupa sinar ultraviolet dan uap disinfektan.

JAKARTA, KOMPAS β€” Ekosistem inovasi di Indonesia yang belum sepenuhnya terbangun menjadi hambatan dalam proses komersialisasi produk inovasi. Untuk itu, standardisasi perlu terus dilakukan sebagai fondasi inovator dalam membangun kepercayaan konsumen dan menciptakan peluang pasar.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mencatat, tingkat  inovasi di Indonesia masih terbilang cukup rendah. Pada 2019, Indonesia berada pada peringkat ke-85 dari 129 negara dengan skor Innovation Index 29,72 dari skala 0 sampai 100.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan