Konsumen Membeli Barang di E-dagang Tanpa Rencana
Sebagian pembeli di platform belanja secara digital ingin merasakan pengalaman atau produk baru yang dibeli. Padahal, kadang kala produk itu tidak diperlukan.
JAKARTA, KOMPAS — Lebih dari setengah konsumen Indonesia yang berbelanja di platform perdagangan secara elektronik atau e-dagang tidak merencanakan pembelian mereka. Hal ini menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk menguatkan eksistensi digital mereka agar dilirik konsumen.
Dalam studi Facebook dan Bain&Company berjudul ”Digital Consumers of Tomorrow, Here Today” yang diluncurkan Agustus lalu, Marketing Science Lead Facebook Indonesia Adisti Latief menyatakan, kelompok konsumen itu disebut pembeli penemu (discovery buyer). ”Mereka ingin menemukan pengalaman atau produk baru (dari penawaran yang ada). Mereka dapat tertarik pada produk yang ditawarkan di kanal digital dan membelinya meskipun tidak memerlukannya,” katanya saat konferensi pers dalam jaringan atau daring, Kamis (17/9/2020).