logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊDigitalisasi Menjadi Tren Baru...
Iklan

Digitalisasi Menjadi Tren Baru Sektor Komoditas

Digitalisasi telah merambah semua sektor. Di masa pandemi Covid-19, peran teknologi digital kian vital mulai dari hulu sampai hilir.

Oleh
ARIS PRASETYO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/uIgLtDoYdKefq0_ufIMYc4URLlU=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F1f6b0589-9668-46dd-a266-ef31af0ba2a6_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Beberapa contoh emas batangan yang diproduksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk ditampilkan di Butik Emas Logam Mulia, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (5/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS β€” Pandemi Covid-19 memunculkan tren baru di sektor komoditas, yaitu pemanfaatan teknologi digital sejak dari hulu hingga ke hilir, perluasan pasar ritel, sampai keterlibatan kelompok milenial. Kendati pemanfaatan teknologi digital sudah berlangsung sebelumnya, intensitasnya kian meningkat selama masa pandemi Covid-19. Selain itu, modifikasi pada produk siap jual juga semakin intens.

Senior Business Analyst MarkPlus Inc Ihsan Aring Trisarjono mengatakan, hampir semua industri di sektor sumber daya alam, baik tambang, pertanian, perikanan, maupun perkebunan, sudah menerapkan digitalisasi pada operasi mereka mulai dari hulu sampai hilir. Di masa pandemi Covid-19, pemanfaatan teknologi digital kian masif.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan