logo Kompas.id
EkonomiBangkitkan Kepercayaan Diri...
Iklan

Bangkitkan Kepercayaan Diri Masyarakat Ekonomi Menengah

Potensi kelas menengah terhadap ekonomi Indonesia sangat besar, yakni mencapai 45 persen. Lebih kecil dibandingkan kontribusi 40 persen kalangan ekonomi menengah yang mencapai 36 persen.

Oleh
ERIKA KURNIA/SHARON PATRICIA
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/gaTd4RttZfo7EFpTrkJqebaZbW8=/1024x574/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2F6be260b3-f032-4166-8889-172beacf391a_jpg.jpg
KOMPAS/RIZA FATHONI

Pegawai di perkantoran di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, memanfaatkan jam istirahat makan siang, Selasa (4/8/2020). Terkait makin banyaknya kasus positif Covid-19 di perkantoran, Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta meminta setiap perkantoran mengaktifkan gugus tugas internal dan bersikap proaktif melapor ke dinas.

JAKARTA, KOMPAS — Pandemi Covid-19 mengurangi peran masyarakat kalangan ekonomi menengah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi yang sebagian besar ditopang konsumsi rumah tangga. Untuk membangkitkan kontribusi mereka, pemangku kebijakan dan pelaku usaha perlu membangkitkan kepercayaan diri mereka dengan berbagai cara.

Menurut laporan Bank Dunia bertajuk ”Aspiring Indonesia-Expanding the Middle Class” di Januari 2020, dalam periode 15 tahun terakhir, jumlah populasi kelas menengah Indonesia naik dari 7 persen menjadi 20 persen total populasi atau sekitar 52 juta orang pada 2019.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan