logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanGuru Perlu Menguasai Model...
Iklan

Guru Perlu Menguasai Model Pembelajaran yang Relevan

Setelah pandemi, proses pembelajaran di sekolah tak lagi sama. Guru dituntut memanfaatkan teknologi pembelajaran untuk mendidik siswa menjadi pencipta.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/VEmHVkbk_m5IHVu_tUtV0ZkATRs=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F02%2Fee72fdfc-e088-4d29-bca0-318b1afaabdd_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Tangkapan layar dalam pembelajaran jarak jauh siswa kelas VI di SD Negeri 02 Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Selasa (2/2/2021). Tidak semua siswa dapat mengikuti pembelajaran daring karena keterbatasan kuota internet. Pandemi Covid-19 memaksa guru dan siswa cepat beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar.

JAKARTA, KOMPAS — Teknologi digital di dunia pendidikan yang terus berkembang selama pandemi Covid-19 harus dioptimalkan untuk mengubah cara pembelajaran model tradisional. Untuk itu, guru perlu menguasai model pembelajaran flipped learning/classroom yang memadukan teknologi digital dalam menyampaikan materi dengan pertemuan luring/daring yang mengasah kemampuan bernalar tingkat tinggi siswa.

Dalam acara bertajuk ”Menerapkan Flipped Learning yang Efektif untuk Menumbuhkan Nalar HOTS”, Jumat (17/12/2021), praktisi pendidikan digital Indra Charismiadji mengatakan, di era revolusi 4.0 dan society 5.0, kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pembelajaran dibutuhkan untuk menyiapkan generasi muda yang mampu menjadi pencipta, tidak sekadar mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari.

Editor:
Adhitya Ramadhan
Bagikan