Banyak Siswa Merasakan Emosi Negatif Saat PJJ
Pandemi Covid-19 ini memotret sistem pendidikan yang tidak siap dalam mendukung kebutuhan anak-anak di semua jenjang pendidikan. Siswa mengalami masalah kesehatan mental, kebosanan, atau stres saat belajar di rumah.
JAKARTA, KOMPAS β Siswa SD hingga SMA/SMK sederajat mengalami lebih banyak emosi negatif saat menjalani pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Emosi negatif ini utamanya dipicu masalah kesulitan belajar akibat guru tetap saja menjalankan pembelajaran konvensional, memberi banyak tugas, dan minim memberi sentuhan sosial emosional selama pembelajaran.
Kesulitan belajar yang dirasakan siswa selama PJJ seperti kurang konsentrasi, kesulitan menjawab soal, kesulitan memahami materi, hingga materi yang kurang jelas. Siswa juga mengeluhkan guru yang lebih banyak memberi tugas serta tidak membangun cara belajar menyenangkan dan kolaboratif yang mendorong siswa bisa merasakan interaksi bersama.