Pandemi Covid-19 Memperdalam Krisis Pembelajaran
Ketika anak usia sekolah dasar, terutama pada kelas awal, terkendala pembelajarannya di masa pandemi ini, mereka berpotensi gagal belajar membaca. Bank Dunia memprediksi ketidakmampuan belajar ini meningkat.
Penutupan sekolah dan kendala dalam pembelajaran jarak jauh menyebabkan sejumlah anak usia sekolah dasar, terutama dari keluarga miskin, rentan mengalami masalah gagal belajar membaca. Mereka berpotensi mengalami ketidakmampuan belajar atau learning poverty, yaitu kondisi di mana anak tidak dapat membaca dan memahami teks sederhana pada pada usia 10 tahun.
Kajian terbaru Bank Dunia menunjukkan, secara global tingkat ketidakmampuan belajar atau disebut juga kemiskinan belajar di negara berpenghasilan menengah ke bawah diperkirakan meningkat 10 persen, dari 53 persen pada 2019 menjadi 63 persen karena pandemi. Anak usia sekolah dasar yang tidak mampu membaca bertambah 72 juta anak, menjadi 454 juta anak.