logo Kompas.id
β€Ί
Pendidikan & Kebudayaanβ€ΊHarapan untuk Konten Daring...
Iklan

Harapan untuk Konten Daring Berbayar

Strategi yang mengutamakan pelanggan dan berinvestasi pada jurnalisme berkualitas tinggi akan menguntungkan industri berita. The New York Times membuktikan ini, dan hasilnya pendapatan langganan digital melampaui cetak.

Oleh
Yovita Arika
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/qiCATB9D6Xf4k3wV8Rlu88c65Kg=/1024x704/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F10%2FUS-POLITICS-TRUMP-MEDIA_69941074_1569907120.jpg
AFP/ANGELA WEISS

Gedung the New York Times

Setelah sembilan tahun meluncurkan konten daring berbayar, langganan digital The New York Times akhirnya bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada langganan media cetaknya. Ini dicapai setelah jumlah pelanggan digital melampaui angka 7 juta pada September 2020.

Dari 7 juta pelanggan digital tersebut, sekitar 4,7 juta membayar untuk produk berita inti dan sisanya berlangganan aplikasi teka-teki silang dan memasak. Sejak peluncuran konten daring berbayar (paywall) pada 2011, butuh waktu lebih dari empat tahun bagi New York Times untuk mendapatkan 2 juta pelanggan digital. Setelah itu jumlah pelanggan digital terus meningkat.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan