Anak-anak Miskin Sudah Kehilangan Belajar Hampir Empat Bulan
Laporan terbaru menunjukkan, pembelajaran jarak jauh berdampak pada kehilangan belajar. Namun, siswa yang terkendala akses pembelajaran jarak jauh lebih lama kehilangan belajar daripada mereka yang tidak terkendala.
JAKARTA, KOMPAS β Pembelajaran jarak jauh berdampak kehilangan belajar pada semua anak karena pembelajaran yang tidak efektif. Namun, kehilangan belajar pada anak-anak yang terkendala pembelajaran jarak jauh lebih lama dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terkendala. Tanpa intervensi khusus, semakin lama sekolah ditutup mereka akan semakin tertinggal.
Hal tersebut tergambar dalam laporan yang diterbitkan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Anak- anak (Unicef), dan Bank Dunia pada 29 Oktober 2020.