“Multitasking” Media Ganggu Memori Kerja, Siswa Perlu Latihan Kontrol Diri
Mengakses media elektronik bersamaan mengikuti pelajaran atau mengerjakan tugas sekolah mengganggu perhatian dan memori kerja siswa. Namun, melarang siswa mengakses media elektronik bukan solusi mengatasi hal ini.
Mengakses media sosial sambil mendengarkan penjelasan guru atau dosen serta menonton acara favorit di televisi sambil belajar jamak dilakukan pelajar ataupun mahasiswa. Mereka umumnya merasa diri mereka multitasker yang baik sehingga bisa belajar sambil mengakses media sosial, menonton televisi, atau media hiburan lainnya.
Padahal, sejumlah penelitian menunjukkan, menggunakan perangkat elektronik bersamaan mengerjakan tugas sekolah berdampak negatif pada pembelajaran. Para peneliti di bidang psikologi, ilmu kognitif, dan ilmu saraf menemukan bahwa multitasking media selama siswa mengikuti pelajaran ataupun mengerjakan tugas sekolah mengganggu perhatian dan memori kerja siswa.