logo Kompas.id
β€Ί
Bukuβ€ΊPemikiran Romo Magnis terkait ...
Iklan

Pemikiran Romo Magnis terkait Harkat Kemanusiaan di Indonesia

Kehidupan beragama seharusnya memunculkan sikap menghormati harkat kemanusiaan. Sikap ini dibutuhkan untuk mampu melihat dengan jernih setiap persoalan bangsa, terlebih menghadapi tantangan era revolusi 4.0.

Oleh
Susanti Agustina S
Β· 1 menit baca

Penerbit Buku Kompas menerbitkan kembali tulisan-tulisan Romo Magnis yang pernah dimuat di media massa, jurnal maupun buku. Tulisan dibagi dalam 4 bagian, dimulai dari soal kehidupan beragama di abad 21, perlunya sikap yang lebih jernih dalam memandang LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender), hukuman mati, maupun masa gelap pasca G30S PKI, kemudian pentingnya pendidikan karakter, serta peran filsafat di Indonesia.

Kehidupan beragama di Indonesia menjadi tema awal yang dibahas dalam buku ini. Kehidupan beragama di abad 21 seharusnya menghadirkan manusia yang menolak segala kelakuan tidak manusiawi dan kejam atas nama agama. Agama sejatinya mendukung serta menuntut hormat terhadap harkat kemanusiaan.  Suatu yang mustahil jika seseorang menyatakan menghormati Tuhan Sang Pencipta, namun martabat dari ciptaanNya yang paling bermartabat tidak dihormati.

Editor:
santisimanjuntak
Bagikan