logo Kompas.id
β€Ί
Artikel Opiniβ€ΊDesa Pasca-Lebaran 2022
Iklan

Desa Pasca-Lebaran 2022

Tujuan pendirian BUMDesa memakmurkan warga. Ini lebih utama daripada memperbesar pendapatan asli desa. Pasca-Lebaran bakal membuktikan, geliat lebih cepat terjadi pada desa-desa yang sigap menangkap peluang momentum.

Oleh
IVANOVICH AGUSTA
Β· 1 menit baca
Didie SW
DIDIE SW

Didie SW

Mudik Lebaran 2022 ibarat hujan sehari yang membasahi kemarau dua tahun pandemi Covid-19. Namun, derasnya kesempatan itu terjadi mendadak, lagi singkat. Hanya desa-desa yang giat menyiapkan diri yang bisa memanen manfaat terluas.

Bandingkan, pada 2020, jumlah warga yang mudik ke desanya hanya 297.000 orang, padahal tercatat uang beredar masih Rp 109 triliun. Artinya, hampir seluruh dana ditransfer pemudik tanpa bertatap muka di desa-desa. Adapun tahun ini, 85 juta pemudik membeludak ke desa-desa, sekaligus mengedarkan uang Rp 175 triliun.

Editor:
SRI HARTATI SAMHADI, YOHANES KRISNAWAN
Bagikan