logo Kompas.id
β€Ί
Artikel Opiniβ€ΊTersihir Pesona "Tajir...
Iklan

Tersihir Pesona "Tajir Melintir"

Modus yang dipakai para crazy rich atau kalangan tajir melintir, bukanlah hal baru. Donald Trump pun pernah melakukannya. Mereka bukan yang pertama, apalagi terakhir, kita harus mewaspadai modus-modus seperti itu.

Oleh
OKKI SUTANTO
Β· 1 menit baca
-
DIDIE SW

-

Akhir-akhir ini masyarakat seakan tak henti disuguhkan pemberitaan seputar crazy rich atau mereka yang dianggap tajir melintir. Mereka digadang-gadang oleh media sebagai sosok inspiratif karena memiliki kekayaan fantastis di usia muda. Hidup di dunia yang penuh gemerlap. Mulai dari pakaian bermerk, mobil mahal, rumah mewah, donasi melimpah, hingga jet pribadi seakan menjadi barang wajib yang perlu dipertontonkan ke masyarakat.

Sebagian orang tentu bertanya-tanya, termasuk Prof Rhenald Khasali dalam video Youtube-nya, apa alasan sejumlah orang ini begitu mudah mengumbar harta? Di saat orang-orang super kaya yang sebenarnya cenderung memilih untuk hidup jauh dari ingar bingar media, menjaga privasi, dan tidak mencari validasi sosial berlebih. Tulisan ini mencoba menjelaskan fenomena ini dari tiga perspektif: psikologis, akses istimewa, dan ajang advertorial untuk rekrutmen.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan