Berinovasi Benahi Layanan
Di tengah berbagai persoalan dalam Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat, terobosan yang dilakukan sejumlah rumah sakit memberi harapan terhadap masa depan program itu.
Tidak sedikit yang mengeluhkan antrean bagi pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, saat akan berobat. Hal itu dapat ditangani dengan membangun sistem informasi yang efisien. Dengan cara itu, pasien akan makin mudah dan cepat memperoleh layanan jaminan kesehatan tersebut.
Sejak 2014, Rumah Sakit Panti Rini, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, merintis sistem informasi guna memudahkan akses layanan kesehatan tanpa perlu mengantre. Caranya, memakai aplikasi media sosial WhatsApp untuk mengirimkan dokumen pasien, seperti KTP, Kartu BPJS, dan surat rujukan. Pengiriman dokumen itu dilakukan sehari sebelum hari pemeriksaan.