Media Sosial Bantu UMKM Tembus Pasar Global
Survei terbaru menguatkan besarnya peran media sosial dalam mendongkrak bisnis pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Sadar akan kekuatan itu, pemerintah mendukung pelaku usaha untuk masuk ke pasar dalam jaringan.
JAKARTA, KOMPAS — Penggunaan media sosial membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM untuk memasarkan produknya hingga bisa menembus pasar internasional. Media sosial juga memudahkan komunikasi dengan konsumen. Sadar akan kekuatan ini, Kementerian Koperasi dan UKM bakal menggenjot lebih banyak UMKM masuk ke pasar dalam jaringan.
Besarnya dampak penggunaan media sosial bagi UMKM itu terungkap dari survei terbaru berjudul ”Connecting Indonesia: Facebook Social and Economic Impact in Indonesia” oleh Facebook Indonesia, PricewaterhouseCooper (PwC) Indonesia, dan Institut for Development Economics and Finance (Indef), yang dipaparkan di Jakarta, Selasa (5/11/2019).