logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊKerja Sama Indonesia-Eropa...
Iklan

Kerja Sama Indonesia-Eropa Akan Dorong Perdagangan dan Investasi

Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (IE-CEPA) diharapkan dapat membuka pasar yang lebih luas bagi kedua belah pihak. Saat ini, kedua belah pihak menjajaki secara detail potensi kerja sama di berbagai sektor ekonomi.

Oleh
ELSA EMIRIA LEBA
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/5TOEsPVjNwjez8vstxYq0-MN5uU=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F07%2F20190513_PERALATAN-MAKAN_C_web_1557742541.jpg
KOMPAS/DWI BAYU RADIUS

Piring, cangkir, dan teko disortir di pabrik peralatan makan Indo Porcelain di Tangerang, Banten, Senin (13/5/2019). Perusahaan itu memproduksi sekitar 1,7 juta unit peralatan makan per bulan. Sekitar 65 persen dari produk itu diekspor ke Amerika, Asia, dan Eropa.

JAKARTA, KOMPAS β€” Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (IE-CEPA) diharapkan dapat membuka pasar yang lebih luas bagi kedua belah pihak. Saat ini, kedua belah pihak sedang menjajaki secara detail potensi kerja sama di berbagai sektor ekonomi.

IE-CEPA merupakan perjanjian ekonomi antara Indonesia dan empat negara anggota Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA), yaitu Swiss, Liechtenstein, Eslandia, dan Norwegia, pada 16 Desember 2018. Perjanjian IE-CEPA mencakup, antara lain, isu perdagangan, investasi, pembangunan berkelanjutan, bea cukai, persaingan usaha, legal, serta pengembangan kapasitas.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan