logo Kompas.id
โ€บ
Utamaโ€บMengejar Produktivitas Usaha...
Iklan

Mengejar Produktivitas Usaha Gim Lokal

Tiga tahun terakhir, gaung e-sport atau wahana gim video menggema ke  penjuru negeri. Kompetisi e-sport lokal bermunculan di sejumlah kota. Skala kompetisinya beragam, mulai dari tingkat kota hingga provinsi.

Oleh
MEDIANA
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/L0B9Zx6ic2Sg_p-bnDEN77PcPBw=/1024x569/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F12%2Fgim3-20180809H20_JOKI-GIM-2_web.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Gim digital sangat digemari generasi muda. Joki gim pun semakin marak dipakai untuk mendapatkan level tertinggi dalam permainan.

Tiga tahun terakhir, gaung e-sport atau wahana gim video menggema ke  penjuru negeri. Kompetisi e-sport lokal bermunculan di sejumlah kota. Skala kompetisinya beragam, mulai dari tingkat kota hingga provinsi. Sebutlah Battle of Fridays yang diselenggarakan oleh Tokopedia, Piala Presiden 2019 yang didukung oleh Blibli.com, dan Dunia Games League yang digagas oleh Telkomsel.

Dukungan sponsor yang semakin banyak memengaruhi kualitas turnamen e-sport. Jauh sebelum operator telekomunikasi seluler atau perusahaan e-dagang, pelaku industri gawai sudah lebih dulu mendukung. Pada 2017, misalnya, Lenovo kembali menggelar kompetisi regional bertajuk Legion of Champions yang disertai pertunjukan keliling (roadshow) produk pendukung e-sport, seperti Legion Y720. Roadshow menyasar tiga universitas swasta terkemuka di Indonesia.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan