Industri digital
Aplikasi Super Dorong Usaha Rintisan Periklanan
Kehadiran penyedia aplikasi teknologi dengan berbagai fitur layanan atau aplikasi super mendorong hadirnya perusahaan rintisan khusus bisnis perangkat lunak dan solusi iklan terprogram.
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F05%2F20190509Osa-Grab1_1557382631.jpg)
GrabWheels, moda transportasi unik berbentuk skuter listrik pertama kali diluncurkan di Indonesia, Kamis (9/5/2019). Peluncuran ini atas kerja sama yang telah dibangun antara Sinarmas Land dan Grab Indonesia. Sebagai uji coba hingga pertengahan 2019, alat transportasi ramah lingkungan ini baru tersedia di area Green Office Park BSD City atau dikenal The Breeze.
JAKARTA, KOMPAS — Kehadiran penyedia aplikasi teknologi dengan berbagai fitur layanan atau aplikasi super mendorong hadirnya perusahaan rintisan khusus bisnis perangkat lunak dan solusi iklan terprogram. Keduanya diperkirakan berperan penting di industri periklanan masa depan.
Sebutan aplikasi super atau super-apps mencuat saat perhelatan Bloomberg’s New Economy Forum, November 2018, di Singapura. Contoh fitur layanan yang disediakan oleh pemain aplikasi super adalah kemampuan berkomunikasi, berbelanja dalam jaringan, memesan angkutan umum, bermain gim, memesan jasa pengiriman makanan, dan membayar transaksi nontunai. Di Asia Pasifik, sudah ada beberapa pemain aplikasi super, seperti WeChat, Grab, dan Go-Jek.
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 13 dengan judul "Aplikasi Super Dorong Usaha Rintisan Periklanan".
Baca Epaper Kompas