logo Kompas.id
UtamaKeunikan Produk Jadi Kekuatan ...
Iklan

Keunikan Produk Jadi Kekuatan UKM

Peluang ekspor produk usaha kecil menengah dinilai terbuka. Pelaku usaha berkesempatan menggarap ceruk pasar dengan keunikan produk yang tak mampu dipenuhi pabrikan.

Oleh
Cyprianus Anto Saptowalyono
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/DsXuzR1-Bvt5ozzqEBLsS2V9hjw=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2F70180970-1.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah yang dipasarkan melalui laman perdagangan elektronik atau e-dagang meramaikan pameran Lokal Goods di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS — Peluang ekspor bagi pelaku usaha kecil menengah dinilai terbuka. Mereka memiliki kesempatan menggarap ceruk pasar dengan keunikan  produk yang tak mampu dipenuhi pabrikan atau industri skala besar.

”UKM lebih pas mengekspor produk-produk unik, spesifik, dan jumlahnya terbatas. Ini ceruk pasar besar yang terbuka bagi UKM,” kata Kepala Bidang Organisasi International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Samsul Hadi ketika dihubungi, Minggu (2/6/2019).

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan