logo Kompas.id
โ€บ
Utamaโ€บKemitraan Jadi Pilihan
Iklan

Kemitraan Jadi Pilihan

Oleh
MEDIANA
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/5jhvJuwtiaJGu4iVMjqYpGqINWE=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20180817_ENGLISH-UNICORN-_A_web.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Anak-anak bermain di media promosi perusahaan rintisan digital Tokopedia di pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (8/4/2018). Perusahaan rintisan (start up) digital baru terus tumbuh dan berkembang. Saat ini Indonesia memiliki empat perusahaan rintisan digital yang menyandang status unicorn start up (perusahaan rintisan berbasis digital dengan valuasi bisnis lebih dari 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,5 triliun), yaitu Traveloka, Tokopedia, Go-Jek, dan Bukalapak.

JAKARTA, KOMPAS โ€” Kemitraan dengan aplikasi digital menjadi pilihan bagi angkatan kerja berlatar belakang pendidikan menengah ke bawah untuk meningkatkan penghasilan. Mereka optimistis, pendapatan yang diperoleh mampu menunjang biaya hidup bersama keluarga.

Berdasarkan laporan riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, โ€Dampak Go-Jek terhadap Perekonomian Indonesia pada Tahun 2018โ€, sekitar 80 persen mitra menggantungkan hidup kepada Go-Jek. Dengan kata lain, mereka menjadikan kemitraan dengan Go-Jek sebagai pekerjaan utama untuk menghidupi diri sendiri dan bersama keluarga. Mayoritas mereka berusia 21-40 tahun dan berlatar belakang pendidikan SMA ke bawah.

Editor:
Bagikan