logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊPerbankan dan Adaptasi...
Iklan

Perbankan dan Adaptasi Menghadapi Terjangan Revolusi Industri 4.0

Oleh
ELSA EMIRIA LEBA
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/SBgOkseh2BZCGgwmO-ivWnae6hY=/1024x575/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2F20190316PRI11HR_1552741965-e1552742078523-6.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Nasabah melakukan transaksi perbankan di BNI Digital Branch Gandaria City, Jakarta, Sabtu (16/3/2019). Layanan perbankan digital di pusat-pusat perbelanjaan yang tetap buka pada akhir pekan ramai dikunjungi nasabah.

Belum lepas dari ingatan. Satu dekade lalu mayoritas nasabah bank harus mengisi slip untuk menarik dana. Mereka mengantri di depan teller selama beberapa menit, bergantung panjang antrean, baru bisa mendapatkan uang tunai.

Berkat perkembangan teknologi digital, sekarang uang tunai dapat ditarik di anjungan tunai mandiri terdekat. Transfer dana cukup memakai aplikasi perbankan yang terpasang di gawai. Antrian panjang nasabah di bank pun mulai jarang terlihat.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan