logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊMasyarakat Banten Diimbau Tak ...
Iklan

Masyarakat Banten Diimbau Tak Terpancing Isu Tsunami

Fenomena bulan super atau supermoon yang diprediksi terjadi di Indonesia, Selasa (19/2/2019) akan mempengaruhi pola pasang maksimum air laut. Masyarakat Banten diminta tenang karena saat pasang, laut di provinsi itu diperkirakan tetap normal.

Oleh
DWI BAYU RADIUS
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/JJBkFykCCQLbzEFe2KcX5uOJSkU=/1024x1024/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F02%2F20180131_GERHANA-BULAN_C_web.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Gerhana bulan total terlihat dari kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (31/1/2018). Bulan dalam konfigurasi supermoon dan blue moon. Supermoon terjadi ketika purnama bulan dalam jarak terdekatnya dengan bumi sehingga ukurannya menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya. Blue moon adalah bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender.

SERANG, KOMPAS β€” Fenomena bulan super (supermoon) yang diprediksi terjadi di Indonesia pada Selasa (19/2/2019) akan memengaruhi pola pasang maksimal air laut. Masyarakat pesisir Banten diminta tenang karena saat pasang, laut di wilayah tersebut diperkirakan tetap normal.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, Trian Asmarahadi, di Serang, Banten, Selasa, mengatakan, kondisi perairan Banten diyakini aman saat berlangsung bulan super. Jika terjadi pasang, ketinggian permukaan laut tak banyak berubah.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan