logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€Ί111 Akademisi Serukan Petisi...
Iklan

111 Akademisi Serukan Petisi Kepada Rektor Unnes

Oleh
Aloysius Budi Kurniawan
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/yDXLzb_IfHZSp_461iJnY2tpo-8=/1024x613/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F12%2Filustrasi-demo-pers.jpg
Kompas/Aloysius B Kurniawan

Sejumlah jurnalis tengah menggelar demontrasi di kompleks Lanud Adisutjipto Yogyakarta 17 oktober 2012 menyikapi kasus kekerasan sekaligus penghalangan peliputan jurnalis saat jatuhnya pesawat di Riau 16 Oktober 2012.

JAKARTA, KOMPAS β€” Sebanyak 111 akademisi yang tergabung dalam Aliansi Akademisi Progresif Indonesia menyampaikan petisi terhadap Rektor Universitas Negeri Semarang Fathur Rokhman yang melaporkan wartawan Serat.id, Zakki Amali ke Polisi. Mereka mendesak Fathur mencabut laporan hukum terhadap Zakki.

"Kami menilai langkah hukum yang diambil bukan saja memperlihatkan mentalitas dunia akademi yang anti-kritik, tapi ia juga merupakan sebuah ancaman yang pesannya dialamatkan kepada siapapun yang kritis danberupaya mengungkap kebenaran. Yang perlu dilakukan Fathur bukanlah mempolisikan Zakki Amali, melainkan membuktikan bahwa dirinya tidak melakukan plagiasi. Keberatannya atas laporan jurnalistik bisa ditempuh melalui mekanisme hak jawab yang dimediasi oleh Dewan Pers," kata Roy Thaniago, dosen Universitas Multimedia Nusantara mewakili aliansi, Senin (10/12/2018) di Jakarta.

Editor:
Bagikan