Manfaatkan Media Sosial untuk Membuat Konten Pembelajaran
BADUNG, KOMPAS โ Penggunaan media digital dalam pembelajaran mayoritas masih sebatas terkait pemberian tugas dan bahan bacaan. Diperlukan pembekalan lebih lanjut kepada seluruh warga sekolah tentang cara pemanfaatan gawai dan media sosial sebagai alat pencari ilmu dan membuat konten pendidikan.
"Sebanyak 83 persen siswa ketika disurvei mengatakan, mereka mencari sendiri sumber-sumber bacaan digital seperti buku elektronik di internet, sisanya mengaku dibantu oleh guru atau pun orangtua," kata peneliti dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jaka Warsihna dalam diskusi paralel mengenai pelatihan kompetensi guru terkait kebutuhan pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0. Acara ini merupakan bagian dari Simposium Internasional Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 2018 yang diadakan di Badung, Bali, Selasa (4/12/2018).