logo Kompas.id
โ€บ
Utamaโ€บPermudah Mekanisme...
Iklan

Permudah Mekanisme Pengembalian Pajak untuk Pacu Wisata Belanja

Oleh
Maria Clara Wresti
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/_-TUW5u5OSlNvkv1k-iZ7XZ7vZs=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F09%2F20180826_PUSAT-PERBELANJAAN_A_web-1.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Ilustrasi _ Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Tangerang Selatan, Banten yang dipadati pengunjung, Sabtu (25/8/2018). Selain sesama pelaku ritel luring, para pengelola pusat perbelanjaan menghadapi persaingan ketat seiring pesatnya pertumbuhan e-dagang.

JAKARTA, KOMPAS - Indonesia dinilai akan tetap sulit menjadi surga belanja bagi wisatawan asing apabila belum ada kemudahan soal pengembalian pajak atau tax refund. Selain itu, Indonesia juga belum mempunyai Premium Factory Outlet yang menjadi daya tarik bagi turis.

Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, khusus untuk wisatawan nusantara, belanja tidak masalah. "Namun, bagi wisatawan mancanegaa (wisman), mereka tidak tertarik untuk belanja karena harga barang lebih mahal dari pada (negara) tetangga," ujarnya saat meluncurkan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2018 bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Editor:
Bagikan