logo Kompas.id
โ€บ
Utamaโ€บMakin Kebal, Satu Bakteri...
Iklan

Makin Kebal, Satu Bakteri Harus Dikeroyok Antibiotik Kombinasi

Oleh
Subur Tjahjono
ยท 1 menit baca

Kekebalan bakteri terhadap antibiotik menjadi perhatian global karena obat makin tidak mempan mengobati penyakit bakteri. Saat ini ilmuwan mencari cara mengombinasilkan beberapa jenis antibiotik tanpa interaksi yang saling membatalkan khasiat masing-masing. Penelitian di laboratoriun menunjukkan, kombinasi antibiotik itu berhasil melawan bakteri Escherichia coli penyebab berbagai masalah pencernaan.

Kompas

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yantyati Widyastuti, menunjukkan contoh penyimpanan mikroba Actinomycetes di lemari pendingin di Laboratorium Pusat Penelitian Bioteknologi di Cibinong Science Centre, Kabupaten Bogor, Senin (24/10/2011). Mikroba ini merupakan hasil penelitian bersama lembaga riset Jepang dan dapat dimanfaatkan untuk bahan antibiotik.

Penelitian berjudul โ€Prevalensi dan Pola Interaksi Obat Tingkat Tinggi di Escherichia coliโ€ itu dimuat dalam jurnal npj Systems Biology and Applications yang juga dipublikasikan sciencedaily.com 3 September 2018. Penelitian dilakukan tim ilmuwan Universitas California di Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat.

Editor: