logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊPerempuan Mesir Berjuang...
Iklan

Perempuan Mesir Berjuang Melawan Praktik Pelecehan Seksual

Oleh
RETNO BINTARTI
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ONcqUpM8SlC_NKQd3LhwXJIaMyM=/1024x788/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F08%2FEgypt-Sexual-Harassment_69329237-5.jpg
AP PHOTO/AMR NABIL, FILE

Foto bertanggal 14 Juni 2014 memperlihatkan seorang perempuan Mesir memegang kertas berisi pesan dalam unjuk rasa menentang pelecehan seksual di Kairo, Mesir.

Menna Gubran, perempuan Mesir yang merasa menjadi korban pelecehan, kembali menjadi korban setelah dia mengunggah sebagian video tentang kelakuan pria yang menggodanya di akun Facebook. Berdasarkan video yang diunggah itu, sebagian orang menilai pria tadi mengganggu Gubran dengan sopan. Namun, sebagian orang lainnya justru mempertanyakan pakaian yang dikenakan Gubran saat pelecehan terjadi.

Gerakan #MeToo untuk melawan pelecehan yang sejak beberapa tahun terakhir muncul di Barat, tampaknya masih perlu diperjuangkan di Mesir. Namun, di masyarakat yang konservatif seperti di Mesir, gerakan yang mengajak korban pelecehan seksual tidak takut untuk bersuara tidak mudah mendapat tempat.

Editor:
Bagikan