logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊPerang Dagang di Piala Dunia
Iklan

Perang Dagang di Piala Dunia

Oleh
Benediktus Krisna Yogatama
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/cImxj_QRY8IrfhHU-OFLSU02FFg=/1024x1160/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F07%2F20180712_182146.png
KOMPAS/BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA

Merek yang mensponsori seragam kontestan di Piala Dunia 2018. Sumber: FIFA diolah Nielsen

Piala dunia 2018 di Rusia bukan sekadar kompetisi sepakbola 32 negara memperebutkan gelar terbaik sejagat. Turnamen sepakbola empat tahunan terakbar ini juga menjadi arena persaingan merek dagang peralatan olahraga. Kemenangan tim yang disponsori oleh merek terkait juga kemenangan merek itu.

Pengamat Pemasaran, Yuswohady mengatakan, selain rivalitas pemain dan tim yang bertanding, penikmat sepakbola bisa menyaksikan rivalitas sengit dua merek peralatan olahraga dunia.

Editor:
Bagikan