Iklan
Piala Dunia Rusia 2018
Perang Dagang di Piala Dunia
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F07%2F20180712_182146.png)
Merek yang mensponsori seragam kontestan di Piala Dunia 2018. Sumber: FIFA diolah Nielsen
Piala dunia 2018 di Rusia bukan sekadar kompetisi sepakbola 32 negara memperebutkan gelar terbaik sejagat. Turnamen sepakbola empat tahunan terakbar ini juga menjadi arena persaingan merek dagang peralatan olahraga. Kemenangan tim yang disponsori oleh merek terkait juga kemenangan merek itu.
Pengamat Pemasaran, Yuswohady mengatakan, selain rivalitas pemain dan tim yang bertanding, penikmat sepakbola bisa menyaksikan rivalitas sengit dua merek peralatan olahraga dunia.
Terjadi galat saat memproses permintaan.