PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
Seni untuk Bumikan SDGs
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F04%2F20180421JOG-SDG-Yoshimoto-Okinawa-5.jpg)
Chief NGO Relations, Advocacy and Special Events pada Departemen Informasi Publik PBB, Jeffrey A Brez (dua dari kanan), berbicara tentang kerja sama PBB dengan industri hiburan untuk membumikan rumusan kata-kata 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) lewat komedi, Sabtu (21/4/2018), di Okinawa, Jepang.
NAHA, KOMPAS - Perserikatan Bangsa-Bangsa mendorong kerja sama dengan industri hiburan untuk membuat konten kampanye Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Itu agar rumusan kata-kata formal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan bisa membumi dan dipahami masyarakat awam.
Memahami Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) penting karena seluruh pihak, termasuk masyarakat awam, mesti terlibat agar tujuan-tujuan ambisius SDGs bisa dicapai. Di Jepang, PBB menjalin kemitraan dengan antara lain perusahaan hiburan Yoshimoto Kogyo Co., Ltd. Contoh bentuk kampanyenya yaitu berupa video iklan komedi dan pendayagunaan kemampuan para komedian Yoshimoto dalam membuat cerita lucu dengan muatan nilai-nilai SDG.
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 14 dengan judul "Seni Hiburan untuk Membumikan SDGs".
Baca Epaper Kompas