logo Kompas.id
โ€บ
Utamaโ€บPasokan Pangan bagi Jakarta...
Iklan

Pasokan Pangan bagi Jakarta Terancam

Oleh
INGKI RINALDI
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1UEoPcduHGsVOacGeJO8USPfXOk=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F02%2F20180212_ENGLISH-ANALISIS_A_web.jpg
Kompas/Angger Putranto

Pengunjung mengamati maket kawasan hunian yang dipamerkan dalam BCA Expoversary di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Minggu (11/2). Selain pengembang besar, di Tangerang Selatan dalam satu dekade terakhir diterbitkan 450 izin pengembangan perumahan skala kecil.

JAKARTA, KOMPAS โ€” Pasokan bahan pangan bagi warga Jakarta yang berasal dari wilayah sekitar Ibu Kota terindikasi terancam. Ini menyusul kecenderungan makin meluasnya permukiman urban sprawl yang sebagian berupa perumahan yang polanya kacau, tidak terencana, dan tersebar relatif ke segala arah.

Anggota Dewan Riset Daerah DKI, Profesor Riset (Emeritus) Jan Sopaheluwakan, Senin (19/3), mengatakan, proyeksi pada 2025 menyebutkan fenomena tersebut bisa menyebar hingga ke Karawang dan Cikampek, Jawa Barat. Kondisi ini akan menggerus lahan penghasil pangan yang biasa dikonsumsi warga Jakarta. โ€Ancamannya tidak main-main,โ€ katanya.

Editor:
Bagikan