logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊCara Platform E-dagang...
Iklan

Cara Platform E-dagang Mengglobalkan Bisnis UMKM Indonesia

Oleh
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/awpn5KqYacfRRQUHKe4EDnfhlGc=/1024x768/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2FIMG_000000_000000-1.jpg
Machradin Wahyudi RItonga untuk Kompas

Karya dari usaha mikro, kecil, dan menengah dipajang di Kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah DKI Jakarta di Jakarta Utara, Jumat (12/1). Saat ini sejumlah platform e-dagang tengah gencar membina pelaku UMKM agar mampu memasarkan produknya secara global.

JAKARTA, KOMPAS β€” Promosi produk lokal hasil pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah berbasis daring belum optimal. Pemasaran belum efektif kendati kualitas produk sebenarnya tidak kalah dengan barang impor. Pemberdayaan pemasaran kepada pelaku pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah oleh platform e-dagang diharapkan berlaku dalam jangka panjang.

Dalam Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, kendala terbesar pelaku usaha ekonomi kreatif adalah pemasaran produk di dalam negeri mencapai 41,89 persen.

Editor:
Bagikan