logo Kompas.id
UtamaKomisi IV Sidak Lokasi Proyek ...
Iklan

Komisi IV Sidak Lokasi Proyek Reklamasi

Oleh
Reny Sri Ayu
· 1 menit baca

MAKASSAR, KOMPAS — Tim Komisi IV DPR yang juga Panitia Kerja Reklamasi melakukan inspeksi mendadak ke lokasi reklamasi Center Point of Indonesia (CPI) di kawasan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (31/3/2017). Kunjungan Komisi IV didampingi pejabat Direktorat Sumber Daya Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

”Kami ingin melihat dan memastikan bahwa proyek reklamasi ini berjalan sesuai aturan. Apakah dilakukan berdasarkan pemanfaatan tata ruang laut atau tidak. Kami akan menurunkan tim untuk mengkaji proyek ini. Hasil kajian nantinya akan jadi dasar untuk menentukan sikap terkait proyek ini,” kata Ketua Tim Kunjungan Panitia Kerja Reklamasi, Komisi IV DPR Herman Khaeron.

Proyek reklamasi Makassar yang di dalamnya terdapat proyek CPI banyak disorot aktivis lingkungan. Proyek yang ditangani Pemprov Sulsel ini dinilai akan berdampak pada kerusakan lingkungan. Terlebih reklamasi dan proyek CPI dilakukan menggunakan sebagian dana APBD. Material timbunan yang diambil dari pulau-pulau dan kabupaten di sekitar Makassar juga dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan.

Editor:
Bagikan