logo Kompas.id
β€Ί
Tokohβ€ΊGubernur Aceh Nova Iriansyah
Iklan

Gubernur Aceh Nova Iriansyah

Nova Iriansyah adalah kader Partai Demokrat yang secara resmi menjabat Gubernur Provinsi Aceh sejak tahun 2020. Nova awalnya menjadi wakil gubernur mendampingi Irwandi Yusuf yang terpilih dalam Pilkada Aceh 2017. Setahun kemudian, Nova menjabat pelaksana tugas Gubernur Aceh karena Irwandi Yusuf tertangkap tangan KPK atas dugaan kasus korupsi.

Oleh
Kendar Umi Kulsum
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/w67pqLYfhDYg4buEm8i7j1d4hk0=/1024x1317/https%3A%2F%2Fkompaspedia.kompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F06%2Fnova-iriansyah1.jpg

Nova Iriansyah bukanlah sosok asing bagi masyarakat kota Banda Aceh dan sekitarnya, jauh sebelum dia terjun dalam dunia politik pria kelahiran Banda Aceh ini telah lama mengabdi pada masyakarat Aceh. Setelah selesai kuliah Teknik Arsitektur ITS Surabaya Nova langsung kembali ke kampung halaman dan mengabdi sebagai dosen di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh tahun 1989.

Selain aktif mengajar di Unsyiah, Nova juga terlibat dalam berbagai aktivitas kemanusiaan di tanah kelahirannya tersebut. Tahun 2004 Nova menjadi Koordinator LSM SAVE ACEH untuk korban gempa dan tsunami, di samping ia juga aktif dalam berbagai kegiatan proyek pembangunan di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Editor:
Dwi Erianto
Bagikan