logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊAksesibilitas dan Keamanan...
Iklan

Aksesibilitas dan Keamanan Data Menjadi Tantangan Transformasi Digital Layanan Publik

Sebagian masyarakat belum memahami cara mengakses layanan publik berbasis teknologi digital.

Oleh
DEBORA LAKSMI INDRASWARI
Β· 1 menit baca
Warga antre mengurus jaminan kesehatan nasional di konter layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Baiman Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (25/7/2024). Layanan BPJS Kesehatan di MPP Baiman Banjarmasin merupakan bentuk transformasi mutu layanan agar warga mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat, dan prima.
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Warga antre mengurus jaminan kesehatan nasional di konter layanan BPJS Kesehatan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Baiman Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (25/7/2024). Layanan BPJS Kesehatan di MPP Baiman Banjarmasin merupakan bentuk transformasi mutu layanan agar warga mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat, dan prima.

Layanan publik berbasis digital perlu pengembangan dan pengenalan lebih optimal lagi kepada masyarakat secara luas. Hingga kini, masih banyak masyarakat yang belum memahami cara mengakses layanan publik berbasis teknologi digital. Selain itu, ada keraguan mengenai jaminan keamanan data yang harus segera diatasi oleh pemerintah.

Saat ini, sebagian besar masyarakat sudah tidak asing lagi pada beragam aplikasi e-government atau sistem informasi berbasis teknologi digital dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Pasalnya, e-government atau layanan publik berbasis digital ini sudah menjelma dalam ribuan aplikasi dan situs pemerintahan yang dapat diakses masyarakat dengan leluasa.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan