Mengemas Identitas Ruang Urban Jakarta melalui Jenama Kota
”City branding” sangat penting dalam menyusun tahapan kemajuan berikutnya bagi Jakarta sebagai kota global.
Jenama atau branding kota memangku harapan besar dalam mengemas dan merepresentasikan visi sebuah kawasan perkotaan. Meskipun sekarang tidak memangku status ibu kota negara, identitas sebagai wilayah maju akan terus melekat pada diri kota Jakarta. Oleh karena itu, branding sangat penting dalam menyusun tahapan kemajuan berikutnya bagi Jakarta.
Cita-cita Jakarta sebagai kota global digaungkan menjadi tema perayaan HUT Ke-497 Jakarta yang bertajuk “Kota Global Berjuta Pesona”. Jakarta diharuskan menjadi kota mandiri dan bertransformasi menjadi kota global setelah pemindahan ibu kota negara ke kawasan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Meski menyandang harapan wajah baru sebagai kota global, tantangan keberadaan jenama harus secara konsisten menampilkan identitas kota Jakarta.