logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊHarapan Jakarta Menuju Kota...
Iklan

Harapan Jakarta Menuju Kota Global Hijau

Jakarta akan terus bertumbuh sebagai kota global dan pusat perekonomian nasional.

Oleh
DEBORA LAKSMI INDRASWARI
Β· 0 menit baca
Ruang terbuka hijau (RTH) di antara belantara gedung dan hunian yang memadati  kawasan jantung kota Jakarta, Kamis (25/1/2024). Dalam laman informasi jakartasatu.jakarta.go.id, RTH DKI Jakarta seluas 33,34 kilometer persegi. Jumlah itu mencakup 5,2 persen dari luas Jakarta yang mencapai 661,5 kilometer persegi.
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Ruang terbuka hijau (RTH) di antara belantara gedung dan hunian yang memadati kawasan jantung kota Jakarta, Kamis (25/1/2024). Dalam laman informasi jakartasatu.jakarta.go.id, RTH DKI Jakarta seluas 33,34 kilometer persegi. Jumlah itu mencakup 5,2 persen dari luas Jakarta yang mencapai 661,5 kilometer persegi.

Hari ini, Jakarta merayakan ulang tahun pergantian usia ke-497 tahun. Dengan usia yang kian matang, Jakarta akan membawa semangat baru menuju pembaruan kota. Dengan beralihnya pusat negara ke Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Jakarta akan terus bertumbuh sebagai kota global dan pusat perekonomian nasional. Untuk meraih mimpi ini, Jakarta harus berselaras dengan alam sekitarnya.

Cita-cita Jakarta menjadi kota global perlu disertai dengan pengelolaan lingkungan yang optimal. Kota global yang mengedepankan perekonomian, bisnis, dan pertukaran informasi mendunia membutuhkan dukungan kualitas lingkungan yang baik demi menjamin kesejahteraan kehidupan masyarakat perkotaan. Tidak hanya itu, kota global yang dituju Jakarta sebaiknya juga menjadi percontohan dan penggerak bagaimana suatu kota berkontribusi dalam mengatasi problem dunia, yaitu krisis perubahan iklim.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan