logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊBelanja Langsung di Toko Fisik...
Iklan

Belanja Langsung di Toko Fisik Masih Diminati Saat Ramadhan

Pola berbelanja masyarakat selama bulan puasa ternyata cenderung tertuju pada transaksi langsung di toko-toko fisik.

Oleh
YOHANES ADVENT KRISDAMARJATI
Β· 1 menit baca
Pembeli melihat-lihat pakaian yang dijual di salah satu toko di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Menjelang Ramadhan, aktivitas jual beli di Pasar Tanah Abang mulai meningkat. Beberapa pedagang mengatakan omzet mereka meningkat 50-70 persen dibandingkan hari biasa.
KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN

Pembeli melihat-lihat pakaian yang dijual di salah satu toko di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Menjelang Ramadhan, aktivitas jual beli di Pasar Tanah Abang mulai meningkat. Beberapa pedagang mengatakan omzet mereka meningkat 50-70 persen dibandingkan hari biasa.

Bulan Ramadhan di Indonesia identik dengan aktivitas berbelanja. Sejumlah lembaga survei menunjukkan, pola berbelanja masyarakat selama bulan puasa ternyata cenderung tertuju pada transaksi langsung di toko-toko fisik. Bahkan, konsumen usia muda pun sangat berminat pada pilihan belanja konvensional ini.

”Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya”. Penggalan lirik lagu yang dilantunkan penyanyi Dea Ananda pada era 1990-an itu mewakili gambaran betapa meriah suasana bulan Ramadhan, khususnya saat Lebaran. Lagu itu berusaha mendeskripsikan kebiasaan secara umum masyarakat Indonesia yang menyambut sukacita hari raya dengan memantaskan diri mengenakan pakaian serba baru.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan