logo Kompas.id
›
Riset›Pesan Kepemimpinan dari Pidato...
Iklan

Pesan Kepemimpinan dari Pidato Kenegaraan Jokowi di MPR

Durasi pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di peringatan ke-78 kemerdekaan RI lebih singkat dari sebelumnya. Namun, pesannya kuat soal transformasi menuju Indonesia Emas 2045. Salah satunya soal kepemimpinan.

Oleh
YOHAN WAHYU/Litbang KOMPAS
· 1 menit baca
Presiden Joko Widodo menghadiri Sidang Tahunan MPR  dan Sidang bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Presiden Joko Widodo menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Indonesia membutuhkan kepemimpinan yang bisa membawa bangsa menuju perubahan yang lebih cepat. Fondasi yang sudah dibangun di era pemerintahan saat ini harus ditopang keberlanjutan dengan pemimpin pemberani yang mendapatkan kepercayaan rakyat agar mampu mengambil keputusan sulit, bahkan tidak populer.

Pesan kuat soal kepemimpinan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan Presiden RI saat peringatan ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang disampaikan pada 16 Agustus 2023, di Gedung MPR, Jakarta. Pidato yang disampaikan kali ini sedikit lebih pendek durasinya dibandingkan pidato-pidato kenegaraan presiden pada tahun-tahun sebelumnya.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan