logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊMenyoal Harga dan Gangguan...
Iklan

Menyoal Harga dan Gangguan Layanan Internet Seluler di Indonesia

Kekuatan sinyal dan kualitas koneksi internet menjadi alasan utama konsumen dalam memilih provider telepon seluler. Sayangnya, masih terjadi sejumlah keluhan terkait jaringan koneksi yang lambat dan kerap terputus-putus.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
Β· 0 menit baca
Penumpang menonton tayangan Youtube di atas KM Sabun Nusantara 67 yang berlayar di perbatasan Indonesia dan Timor Leste pada Minggu (7/8/2022). Jaringan internet sudah menjangkau hingga ke ujung negeri.
KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN

Penumpang menonton tayangan Youtube di atas KM Sabun Nusantara 67 yang berlayar di perbatasan Indonesia dan Timor Leste pada Minggu (7/8/2022). Jaringan internet sudah menjangkau hingga ke ujung negeri.

Biaya internet seluler terasa kian mahal, tetapi layanan jasa yang diberikan operator masih belum optimal di sejumlah wilayah. Masih terjadi sejumlah keluhan terkait jaringan koneksi yang lambat dan kerap terputus-putus. Operator perlu segera melakukan sejumlah pembenahan agar kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen dapat terus ditingkatkan.

Fenomena itu terjaring dari Survei Internet Indonesia 2023 yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Pada laporan terbarunya, survei berkala yang dilakukan APJII ini melibatkan sekitar 8.510 responden dari 38 provinsi di Indonesia. Melalui survei tersebut, APJII memperoleh gambaran lanskap pengguna internet secara nasional. Salah satu temuan yang menarik untuk diulas adalah terkait penggunaan internet seluler (mobile internet)di Indonesia.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan